Tanaman-Tanaman Pengusir Nyamuk


Sebagaimana yang kita ketahui nyamuk adalah vektor yang menyebalkan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit pada manusia. Nyamuk juga salah satu vektor yang berkembang biak dengan sangat cepat dan memungkinkan populasi nyamuk tidak dapat di minimalisir karena volumenya yang sangat banyak. Dan pada opini ilmiah kali ini saya membahas tentang cara meminimalisir nyamuk dengan bahan-bahan alami yang tumbuh bebas di alam sekitar dan sangat mudah ditemukan.nBanyak produk anti nyamuk yang memakai bunga lavender sebagai bahan utama. Bunga lavender berasal dari kawasan penggunungan Alpen di Swiss. 

Kandungan linalool dan lynalyl acetate pada bunga ini menjadikan bunga lavender mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Bila nyamuk mencium bau bunga ini akan pusing dan menjauhi sumber bau. Cara memanfaatkan bunga lavender sebagai anti nyamuk bisa dilakukan dengan cara menyuling kemudian memakai minyak hasil sulingan untuk diusapkan di sebagian tubuh. Tetapi bila tidak mau susah, kamu bisa langsung mengosokan bunga ini pada area kulit yang terbuka. Sedang untuk mengusisr nyamuk yang ada di sekitar rumah, kamu bisa menanam bunga lavender di sebuah pot dan menjadikannya sebagai tanman hias. 
Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah bunga geranium. Bunga ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama tapak dara. Kandungan zat geraniol dan sitronelol pada bunga geranium dipercaya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Kedua zat tersebut biasanya akan sangat mudah menyebar terbawa angin sehingga akan membuat ruangan di sekitarnya dipenuhi bau bunga ini. Kamu bisa meletakan bunga ini di tempat yang mudah tertiup angin sehingga akan aromanya menyebar dengan cepat memenuhi ruangan. Rosmarinus officinalis atau dikenal dengan sebutan rosemary merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Karena aroma khas yang dimiliki rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Kita bisa menanam bunga rosemary langsung di tanah atau menggunakan pot. Ketika menanam tanaman ini pastikan agar rosemary mendapat cahaya matahri yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Selain menggunakan daunnya, kamu juga bisa memanfaatkan bunganya dengan cara digosokan ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk.
Sumber Tulisan : Disadur dari berbagai sumber.

Penulis: M.Asrof Irfan Liadi (Mahasiswa Poltekkes Tanjungpinang) 

Tanaman-Tanaman Pengusir Nyamuk Tanaman-Tanaman Pengusir Nyamuk Reviewed by on 8:46:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.