Mengenal Sanitasi Rumah Makan


Rumah makan adalah suatu tempat pengolahan makanan yang memproduksi maupun menjual makanan dan minuman bagi masyarakat untuk umum ditempat usahanya. Rumah makan juga merupakan tempat bertemunya antara pelayan rumah makan, pengunjung maupun yang ingin makan dirumah makan tersebut. Dan dirumah makan tersebut juga terdapat yg mengolah makanan dan penjamah makanan. Rumah makan juga akan menghasilkan limbah, limbah yang berdampak negative diluar maupun didalam rumah makan tersebut. Dikarenakan kegiatan rumah makan dapat menjadi media penularan/pemaparan penyakit dari penjamah makan atau yang mengolah makanan kepada yang mengkonsumsi makanan tersebut. Maka dari itu kebersihan rumah makan sangatlah penting, karena rumah makan perlu mendapat pengawasan khusus mengenai keadaan sanitasinya. Bila tidak akan menimbulkan dampak-dampak yang buruk seperti penyakit menular.
Sanitasi Rumah Makan:
Merupakan upaya pengendalian atau pengawasan untuk mengendalikan factor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan.
Manfaat Sanitasi Rumah Makan:
Menurunnya dampak negative terhadap lingkungan dan masyrakat, meningkatnya citra baik rumah makan tersebut sehingga masyarakat senang berkunjung kerumah makan tersebut, meningkatkan hygiene perseorangan penjamah makanan dan perilaku sehat penjamah makanan, berkurangnya terjadinya penularan penyakit dirumah makan tersebut dan terhindar dari gangguan serangga. Karena jika suatu rumah makan tersebut sehat dan aman tidak adanya serangga mengunjungi dan rumah makan tersebut bisa dikatakan sehat.
Kesehatan Lingkungan dirumah makan:
1. Persyaratan lokasi dan bangunan rumah makan
2. Persyaratan fasilitas sanitasi
3. Persyaratan dapur, ruang makan, gudang makanan
4. Tempat penyimpanan bahan makanan dan makanan jadi
5. Ketentuan peralatan
6. Tenaga kerja
7. Pengolahan makanan
Selain dari poin-poin diatas ada juga terdapat media penular penyakit yang bisa terjadi pada rumah sakit yang tidak terjaga sanitasi nya, berikut:
-        Air kotor dan air minum
-        Udara
-        Makanan
-        Alat dan bahan lain
-        Serangga
-        Tenaga kesehatan dan karyawan lainnya.

Dan tidak lupa juga jika dalam suatu rumah makan haruslah karyawan/i memiliki sertifikat kesehatan, mengapa harus? Karena karyawan/i tersebut bisa menjadi penjamah makanan atau sebagai pengolah makanan. Jika karyawan/i sehat maka makanan yang diolah dan dijamah pun terhindar dari penyakit dan yang mengkonsumsi pun menikmati hidangan yang sehat. Masih banyak pengusaha rumah makan yang tidak mengetahui tentang syarat-syarat dalam memilih karyawan/i, biasanya jika mereka dapat mengolah makanan seorang pengusaha rumah makan tersebut langsung memperkerjakannya. Jadi sebagai Sanitarian harus memberikan penyuluhan tentang persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan.
Sehat Pangkal Kaya.
Penulis: Natalia Kristin

Mengenal Sanitasi Rumah Makan Mengenal Sanitasi Rumah Makan Reviewed by on 11:12:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.