Futsal Poltekkes Tanjungpinang


Futsal adalah permainan bola yang mempertemukan dua tim lawan untuk bertanding di hijaunya lapangan rumput sintesis. Olahraga futsal merupakan kegiatan sehat dan menyenangkan yang umumnya dilakukan oleh mahasiswa laki-laki Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang terkhusus mahasiwa Jurusan Kesehatan Lingkungan. Olahraga ini dilakukan selain dalam kegiatan Dienatalis kampus, di sela waktu dan kesibukan sebagai mahasiswa juga dilakukan agar tetap seimbang dalam pola hidup sehat. Kesehatan yang mahal dan harus tetap terjaga dilakukan dengan cara bermain futsal, selain sehat fisik karena berolahraga menggerakan anggota tubuh dan melatih konsentrasi saat bermain, futsal adalah olahraga yang menyenangkan jiwa dan hati setiap yang bermain, kok bisa begitu ya? Karena dengan bermain sebagai contoh menjadi kiper dalam tim futsal, kiper dituntut untuk bisa menjaga gawang dari kebobolan gol lawan, di posisi ini kiper merasa bersemangat tinggi dan menjaga amanah tim untuk bermain dengan baik, dengan semangat tinggi setiap bermain futsal inilah pemain mencoba menerapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tetap menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi.
Selain sehat jiwa dengan memiliki semangat tinggi, dalam bermain futsal juga mendapat pengajaran dalam mengontrol emosi, sebab dalam permainan dapat pula terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi dengan tim lawan, untuk itu pemain dapat mengontrol emosi dengan tetap bermain sportif dan tidak terpancing emosi akan tim lawan, disana juga tercipta jiwa yang sehat dengan selalu berpikir positif. Bermain dengan hasil akhir menang tentunya lebih membuat bahagia dan menjadi semangat akan menang dalam pertandingan selanjutnya, dan apabila hasil akhir dalam kondisi kalah, sesama tim pemain tidak menyalahkan satu sama lain bahkan membuat ikatan semangat pemain semakin kuat dan erat dengan mengambil hikmah agar tidak mengulangi kekalahan yang sama di pertandingan kemudian hari.
Tim lawan tidak selalu selamanya tim lawan, selama pemain melewati pertandingan futsal yang sudah ditekuni rata-rata pemain sejak duduk di bangku sekolah hingga menjadi mahasiswa, banyak pertemanan yang sudah terjalin, tim lawan hanya sekedar berada di lapangan futsal, di luar itu setiap pemain lawan adalah teman baik, bersyukur bahwa sejatinya futsal juga wadah seorang pemain menambah pertemanan yang luas dan membangun solidaritas sesama pemain di setiap kesempatan.
Futsal adalah sarana seorang pemain dalam membentuk prestasi non akademik, meskipun akademik tidak, tetapi setiap pemain meyakini bahwa prestasi mampu dibentuk dalam bidang apapun, dan pemain mengambil prestasi di futsal yang merupakan hobi dan olahraga dikalangan mahasiswa ini, sudah banyak prestasi yang pemain raih selama bermain futsal hingga saat ini baik membawa nama kampus, kelas maupun bermain umum diluar bersama teman-teman kampus. Menang dan mendapat juara bukan selalu yang terpenting bagi pemain, tetapi pengalaman yang tidak mampu dibeli satu persatu setiap permainan seperti pengalaman bertemu orang baru adalah pengalaman yang berharga.
Pengalaman terbesar dalam hidup kami, terutama perwakilan mahasiwa Kesehatan Lingkungan adalah tim futsal sebagai kontingen Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang dalam rangka PORNIMAKES II Regional Sumatera di Bengkulu. Bangga dan terharu adalah rasa yang didapatkan, bangga mampu menjadi pemain terbaik yang dipilih pihak kampus untuk bermain membawa nama kampus dan haru yang didapat karena solidaritas pertemanan rasa persaudaraan yang begitu besar didapatkan oleh setiap kami selama menjadi perwakilan disana, tak luput juga teman baru yang kami dapat dari berbagai daerah di wilayah Poltekkes se-Sumatera. Semoga generasi berikut lebih baik dan mampu mengembangkan terus prestasi olahraga terutama futsal yang sudah kami pertahankan selama ini.
Penulis: Medi Sasmita
Futsal Poltekkes Tanjungpinang Futsal Poltekkes Tanjungpinang Reviewed by on 11:17:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.