Sampah merupakan sesuatu yang kerap berdampingan
dengan aktivitas hidup manusia karena sampah merupakan hasil buangan dari adanya
aktivitas sehari-hari. Sampah dapat dikenal dari segi sumber sampah, dimana
sumber sampah yang di bahas di sini adalah sumber sampah dari sekolah. Tanpa
kita sadari, sekolah merupakan tempat penyumbang sampah dalam volume yang cukup
besar setiap hari dan jenis sampah yang beragam jika dibandingkan dengan sampah
yang bersumber dari rumah tangga. Mengapa demikian?
Sekolah
dan rumah tangga berbeda karena dari segi penghasil sampah yaitu sumber ruangan
penghasil sampah, sekolah lebih dominan dari jumlah ruangan yang menghasilkan sampah,
contohnya yaitu setiap ruangan kelas, majelis guru, laboratorium, perpustakaan,
ruangan tata usaha, ruangan kepala sekolah, aula, mushola, kantin, lingkungan
taman, dan lain-lain. Jenis sampah yang dihasilkan dari aktivitas sekolah juga
beragam, diantaranya jenis sampah organik dan anorganik seperti sampah sisa
makanan, tisu, botol plastik, gelas plastik, kantong plastik, kertas, karton, dedaunan,
dan lain sebagainya. Jumlah orang yang menghasilkan sampah juga lebih besar
jumlah orang yang menghasilkan sampah di sekolah daripada yang menghasilkan
sampah di rumah tangga.
Mari kita bayangkan jika sekolah
tidak menyediakan wadah penampungan yang cukup baik dari segi jumlah dan
kapasitas penampungan, serta tidak adanya pengelolaan sampah yang baik setiap
harinya di sekolah, apa yang terjadi? Yang terjadi adalah penumpukan sampah
yang tidak baik dalam segi estetika penglihatan dan tidak baik bagi sirkulasi
udara sekitar sekolah karena sampah dapat menimbulkan bau, belum lagi jika
wadah penampungan yang digunakan tidak memenuhi syarat seperti tidak kedap air
dan tidak memiliki tutup, sampah akan mengundang lalat dari bau sampah itu tadi
sehingga beresiko kepadatan lalat tinggi dan tidak sehat jika lalat tersebut
berada pada kantin yang mana kantin adalah tempat berkumpulnya makanan dan
minuman di sekolah.
Lantas, apa pengelolaan sampah
yang bisa dilakukan mengingat bahaya jika sampah tidak dikelola di sekolah
dengan baik? Yang dapat dilakukan pertama adalah menyediakan wadah penampungan
berupa tempat sampah kedap air dan tertutup yang sudah dibedakan yaitu sampah
organik dan anorganik di setiap ruangan serta lingkungan sekolah yang dapat
menghasilkan sampah, yang kedua yang dilakukan adalah adanya petugas kebersihan
sekolah yang bertugas mengangkut sampah di setiap berakhirnya aktivitas sekolah
dengan dibekali keterampilan seperti mengetahui sampah organik dan anorganik,
memilah sampah setiap pengangkutan dan pentingnya penggunaan alat pelindung
diri (APD) seperti topi, sepatu boot, sarung tangan dan masker agar terhindar
dari kontaminasi sampah, yang ketiga yang dilakukan adalah pengenalan kepada
siswa sekolah tentang bahaya sampah dan pentingnya menjaga lingkungan sekolah
dari sampah, siswa dapat dilibatkan dalam piket harian, piket umum setiap
minggu dan sebagai pelaksana dari pengelolaan sampah secara langsung.
Yang keempat dapat dilakukan
adanya program khusus untuk pengelolaan sampah, mau dilakukan pengelolaan
seperti apa sampah yang ada di sekolah, program pengelolaan sederhana yang
dapat dilakukan contohnya pengelolaan sampah menjadi kompos dan adanya
keterampilan kerajinan dari sampah plastic maupun bank sampah jika sekolah
mampu menerapkan sampah menjadi rupiah bagi sekolah dengan mengajarkan kepada
siswa sekolah. Yang kelima dapat dilakukan adalah adanya jadwal yang tertata
rapi sehingga kegiatan pengelolaan sampah dapat terjadwal dengan benar.
Sampah yang bersumber dari sekolah
dan sudah dilakukan pengelolaan sampah mulai dari sekolah dapat meringankan
volume sampah yang sehari-hari ada di masyarakat, selain itu juga bermanfaat
mengajarkan siswa tentang ilmu dan kebiasaan pengelolaan sampah yang baik
sehingga apabila sudah jadi kebiasaan yang baik di sekolah dapat pula siswa
terapkan di rumah dan lingkungan hidup sekitar.
Penulis: Medi Sasmita
Pentingnya Tempat Pembuangan Sampah di Sekolah
Reviewed by Redaksi Kabar Bintan News
on
11:21:00 AM
Rating:
No comments: