7 Alasan Mengapa Memilih Prodi Kesehatan Lingkungan


Kesehatan lingkungan merupakan suatu ilmu dan seni dalam mencapai keseimbangan antar lingkungan dan manusia, ilmu dan juga seni dalam pengelolaan lingkungan sehingga dapat tercapai kondisi yang bersih, sehat, nyaman dan aman serta terhindar dari gangguan berbagai macam penyakit. Ilmu kesehatan lingkungan mempelajari dinamika hubungan interaktif antara kelompok penduduk dengan berbagai macam perubahan komponen lingkungan hidup yang menimbulkan ancaman/berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat umum. Disaat saya memilih ingin kuliah dimana, saya mencari informasi tentang universitas-universitas di TanjungPinang melalui kakak-kakak senior yang berada di universitas tersebut. Awalnya saya tidak mengetahui adanya jurusan kesling di TanjungPinang, Namun setelah saya bertemu sama mahasiswa di poltekkes TanjungPinang jurusan kesling dan kebetulan dia kakak tingkat saya di SMA. Dari itu saya terus bertanya tentang jurusan kesling dan profersi apa saja yang dapat kesling kerjakan. Setelah itu saya tertarik pada kesling karena saya sangat senang mempelajari kesehatan dari waktu saya masih SD. 

Tetapi saya juga dapat informasi dari kakak tingkat saya di SMA tentang universitas lain di TanjungPinang dengan jurusan Akutansi, awalnya orang tua saya ingin saya mengambil jurusan Akutansi dan saya akhir nya mencari tau juga tentang jurusan akutansi dan profersi apa saja yang dapat di kerjakan.  Namun setelah mengalami proses pencarian informasi tentang jurusan yang saya dapat kan dan menceritakan kepada keluarga apa saja jurusan yang saya pilih. Setelah menceritakan semuanya dan saya meminta izin kepada orang tua saya, saya memilih pada jurusan Kesehatan Lingkungan dengan alasan.
1.     Kesehatan
Alasan pertama saya masuk kesling yaitu karena saya suka mempelajari tentang kesehatan apa lagi menyangkut kesehatan masyarakat sekitar. Karena lingkungan merupakan faktor utama dari penularan penyakit dari segala hal. maka dari itu saya berpikir bahwa kesehatan dan lingkungan sangat erat dalam menyelamatkan masyarakat dari penularan penyakit. Apa lagi jika lingkungan sekitar bersih dan sehat maka masyrakat sangat jauh dari penularan penyakit ini yang sangat saya sukai.

2.     Ingin mengembangkan kampung halaman
Kesehatan Kampung halaman saya kurang baik dalam kesehatan apa lagi tentang kesehatang lingkungan. Karena masyarakat disana kurang memahami tentang efek kesehatan lingkungan yang kurang baik, terutama pada pengolahan sampah.

3.     Peluang kerja yang besar
Menurut saya, saat ini khusunya di wilayah kepulauan riau sangat dibutuhkan tenaga sanitarian yang siap mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan seperti polusi udara, sampah, air, makan dan minuman, binatang pembawa penyakit seperti tikus,lalat,kecoa dll. Dan juga banyak instansi kesehatan khususnya di kepulauan riau ini yang minim tenaga sanitarian.

4.     Sebagai tenaga penyuluh
Memang saya bukan tenaga penyembuh penyakit, akan tetapi lewat kesehatan lingkungan ini saya akan mendapatkan berbagai ilmu tentang cara mencegah penyakit menular maupun tidak menular melalui lingkungan sekitar, dan ilmu inilah yang akan saya salurkan kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan.

5.     Tertarik pada pengolahan air
Salah satu alasan saaya memilih jurusan kesehatan lingkungan ini adalah ketertarikan saya terhadap bagaimana cara pengolahan air menjadi air bersih yang memenuhi standar baku mutu. Hal ini saya fikirkan menimbang air yang terdapat di daerah kepri khususnya dikampung halaman saya, disana air yang kami gunakan untuk keperluan sehari-hari dari mandi, mencuci maupun memasak menggunakan air yang berasal dari sumur, akan tetapi prihatinnya air sumur tersebut belum memenuhi standar baku mutunya nya tertutama dilihat dari parameter fisik.

6.     Memberi ilmu tentang cara pembuatan kompos
Terdapat berbagai daerah yang belum mengetahui cara pembuatan kompos terutama kampung halaman saya. Masyarakat nya saat pemberian pupuk pada tanaman atau sayuran tanpa  mengolah terlebih dahulu, seperti feses hewan langsung ditabur begitu saja pada sayuran dan akibat dari itu membuat sayuran sudah tercemar oleh feses hewan tersebut dan sayuran tidak layak untuk di makan. Maka dari itu saya ingin mempelajari lebih dalam tentang kesehatan yang terdapat pada lingkungan agar masyarakat di kampung saya lebih teliti dalam kesehatan.

7.     Sebagai tenaga kesehatan
Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat tentang kesehatan. Saya sangat senang melihat masyarakat hidup sehat tanpa penyakit dan melihat lingkungan bersih dan sehat.  Apa lagi di daerah yang terpencil sangat kurang dalam memahami kesehatan dan kurang dalam tenaga kesehatan. Saya ingin memberi kan pengetahuan dan tenaga saya dalam menwujudkan masyarakat bebas dalam penularan penyakit.

Penulis : zulita afrianti (Mahasiswi Poltekkes Tanjungpinang)

7 Alasan Mengapa Memilih Prodi Kesehatan Lingkungan 7 Alasan Mengapa Memilih Prodi Kesehatan Lingkungan Reviewed by on 9:30:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.