Mengenal Penyakit Scrub Thypus


Scrub typhus adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh infeksi Orientia tsutsugamushi (Rickettsia tsutsugamushi) hal ini juga dikenal sebagai penyakit tsutsugamushi.  Infeksi scrub typhus terpelihara dialam sebagai “typhus island” dalam sklus yang melibatkan tungau dan rodensia kecil. Pada tungau terjadi penularan transovarial dengan infeksi awal pada fase larva. Manusia adalah host pada penyakit zoonosis ini.  Manusia memasuki habitat terinfeksi yang bervariasi sebagai contoh semi padang pasir, hutan hujan yang rusak, tepi sungai, pantai dan daerah pertumbuhan sekunder. Inang sekunder adalah tikus, mencit, cecurut, dan voles.  Larva dari beberapa spesies tungau seperti Leptotrobidium (Trombicula) akamushi dan Leptrombidium deliensis menginfeksi mereka sendiri dengan menyerang tikus dan akhirnya manusia bertindak sebagai inang aksidental. Scrub tifus adalah penyakit infeksi akut dari ringan sampai berat dan  dapat membahayakan hidup disebabkan oleh Orientia (Rickettsia) tsutsugamushiyang belum dewasa yang dikenal sebagai "chigger". Scrub tifus pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 1899 yang ditularkan oleh tungau. Diperkirakan satu miliar orang beresiko terkena skcrub tifus dan diperkirakan satu juta kasus terjadi setiap tahunnya. Tingkat mortalitas pada pasien yang tidak diobati berkisar 0-30% tergantung pada wilayah geografis, strain rickettsia dan waktu intervensi. Kematian biasanya terjadi dari infeksi primer atau dari komplikasi sekunder seperti pneumonitis, ARDS, ensefalitis, kegagalan peredaran darah.

Distribusi scrub typhus meliputi wilayah yang sangat luas yaitu 13 juta km persegi dari batas sebelah timur Jepang yang melalui Cina, Filipina, Australia tropis di sebelah selatan dan barat melalui India, Pakistan, Tibet, Afghanistan dan bagian selatan Uni Soviet. Distribusi penyakit scrub typhus mengikuti distribusi Rattus rattus. Vektor scrub typhus hadir di sebagian besar negara-negara Asia Tenggara dan sangat endemis di wilayah geografis tertentu seperti di India, Indonesia, Maldives, Myanmar, Nepal, Sri Lanka dan Thailand.
Scrub tifus sering dianggap sebagai penyakit pedesaandi kawasan Asia-Pasifik. Penyakit tropis ini umumnya ditemukan pada individu yang melintasi atau bekerja di daerah yang banyak terdapat tumbuh-tumbuhan seperti daerah hutan maupun di perkebunan. Berdasarkan pada jurnal penelitian “Rickettsial Diseases: Risk For Indonesia” Terdapat laporan kasus scrub tifus di daerah perkotaan dari Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan akibat aktifitas berkebun di daerah perkotaan.


Mengenal Penyakit Scrub Thypus Mengenal Penyakit Scrub Thypus Reviewed by on 8:12:00 PM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.