Antara Natuna dan Belitung


Punya hal yang sama dengan pulau Belitung namun natuna masih kalah jauh dengan promosinya. Ada beberapa kesamaan antara natuna dengan belitung, kesamaan inilah yang menjadikan kedua pulau tersebut menarik untuk di bahas, yang paling mecolok adalah memiliki 3 kesamaan flora dan fauna langka antara natuna dan belitung antara lain seperti :

1. Batu Granit
Di Natuna terdapat ladang granit seluas 1.000 Ha lebih. Hamparan batu granit tersebut tersebar di penjuru daratan, pantai, bahkan di atas puncak Gunung Ranai, dan di puncak itulah batuan granit terbesar yang pernah saya lihat. Tapi ketika orang melihat batuan granit pasti yang terlintas dipikiran orang adalah Bangka Belitung, karna tempat tersebut adalah lokasi syuting film Laskar Pelangi yang sangat terkenal di Indonesia. Itulah sebagian fungsi film yang dijadikan ajang untuk promosi, dan semoga film kmrn yg berlokasi dinatuna bisa seterkenal film Laskar Pelangi. Kualitas batu granit Natuna ketika diuji di ITB memiliki 17 keunggulan salah satunya 6 kali lebih keras dari batu granit yg berada dipasaran dunia, namun perhatian terhadap batu granit ini masih minim, bahkan karna kita sering melihatnya didaerah kita/terlalu banyak seolah2 batu ini tak memiliki nilai jual yg tinggi.

2. Batu Satam ( batu meteorit )
Menurut wikipedia batu ini merupakan batuan khas Indonesia yang ditemukan di Bangka Belitung dan sudah menjadi ikon di daerahnya. Tapi sebenarnya batu ini juga terdapat di Natuna dan Kadis Pariwisata Kepri telah memasukan batu satam sebagai salah satu khazanah khas Kepri. Bahkan mantan Bupati Natuna Ilyas Sabli mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan para pegawai di pemkab itu untuk mengenakan cincin batu akik dari Natuna Khusus menjelang STQ tingkat Provinsi 2015, tujuannya untuk mempromosikan batuan langka ini yg hanya ada di Natuna dan Belitung. Batu ini pernah ditemukan juga di Malaka, Solo, Australia, Cekoslovakia, dan Arabia tapi setelah itu tidak pernah ditemukan lagi kecuali di Natuna dan Belitung. Menurut wiki batu ini sangat langka terbentuk dari proses alam akibat tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi yg terjadi jutaan tahun yang lalu.

3. Burung Bayan (Beyien)
Penyebaran jenis burung ini yaitu di Natuna, Bintan, Karimata, dan Belitung. Ini adalah burung bayan bernama latin Psittacula longicauda defontainei.

kok bisa sama? Apakah jutaan tahun lalu Natuna dan Belitung adalah satu pulau yg menyatu?? tapi promosi dari Natuna masih Kalah dibanding bangka sehingga orang taunya itu dari bangka. Namun akhir – akhir ini destinasi dan promosi di natuna mulai menunjukan tajinya sperti banyaknya objek wisata baru dan juga terlaksananya syuting film yang di ambil di pantai sejuba dengan judul “ jelita sejuba “ film ini adalah film perdana dari natuna.

Penulis: Iqbal ma'arif (Fotografer dan Penulis asli Natuna)

Antara Natuna dan Belitung Antara Natuna dan Belitung Reviewed by on 1:43:00 PM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.