Fasilitas Kesehatan Penunjang Saat Terjadi Bencana


Bencana kerap melanda di belahan dunia manapun, baik bencana alam maupun bencana akibat kelalaian manusia. Termasuk Pulau Bintan, Bencana seperti Banjir, kebakaran dan angin puting beliung kerap melanda wilayah ini. Kesehatan merupakan faktor penting bagi kehidupan karena dengan tubuh yang sehat kita mampu melakukan segala aktivitas yang kita inginkan. Oleh karena itu penting menjaga tubuh agar tetap sehat. Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Ketika terjadi bencana banyak sekali permasalahan kesehatan yang muncul mulai dari kurangnya fasilitas sanitasi lingkungan, banyaknya penyakit yang timbul, dan lingkungan tempat pengungsian yang buruk. Untuk meminimalisir masalah kesehatan yang terjadi ketika bencana perlu dilakukan pemenuhan standar minimal kebutuhan dasar bagi para pengungsi. Adapun beberapa fasilitas dasar yang dibutuhkan ketika bencana, yaitu :

  • Toilet, toilet atau tempat pembuangan ekskreta berperan penting ketika bencana, karena jika tidak disediakan toilet maka akan pengungsi akan membuang ekskretanya sembarangan dan jika itu terjadi maka akan memperparah kondisi kesehatan pengungsi. Toilet yang disediakan setidaknya 1 toilet dan letaknya mudah dijangkau dari tempat pengungsian.
  • Pengungsian sementara, pengungsian sementara dapat berupa tenda maupun bangunan. Pengungsian yang didirikan harus sesuai dengan jumlah korban agar para pengungsi nyaman dan tidak berdesak desakkan di dalam pengungsian, tempat pengungsian juga harus jauh sumber pencemar seperti TPA dan pabrik.
  • Air bersih, air bersih merupakan salah satu fasilitas sanitasi dasar yang harus ada ketika bencana. Karena air merupakan salah satu media penularan penyakit maka harus diperhatikan kualitas dan kuantitasnya apalagi ketika terjadinya bencana.
  • Dapur umum, dapur umum harus terpisah dari tempat pengungsian agar tidak mencemari udara disekitar pengungsian. Makanan yang disediakan juga harus dijaga kebersihannya dan juga bergizi agar kesehatan pengungsi tetap terjaga.
  • Ambulance, ambulance merupakan sebuah kendaraan khusus yang digunakan untuk mengangkut manusia dari tempat kecelakaan/bencana ke rumah sakit.
Banyak sekali permasalahan yang timbul ketika bencana mulai dari timbulnya penyakit menular, permasalahan sampah yang berserakan, berkembang biaknya vektor dan lain sebagainya. Untuk menjaga kesehatan para pengungsi diperlukan perhatian khusus tidak hanya memberikan bantuan yang sesuai dengan kuantitas tetapi juga di perhatikan kualitasnya. Sebagai seorang sanitarian yang dapat kita lakukan adalah memberikan fasilitas sanitasi dasar kepada para pengungsi. Baik berupa tempat pembuangan ekskreta, air bersih, makanan yang sehat dan bergizi, tempat pembuangan sampah dan lain sebagainya.

Penulis: Ade Ismail G

Fasilitas Kesehatan Penunjang Saat Terjadi Bencana Fasilitas Kesehatan Penunjang Saat Terjadi Bencana Reviewed by on 9:02:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.