Mengenal Tanjak Betuah Tanjungpinang


Indonesia memiliki budaya, suku, dan adat yang begitu banyak. setiap budaya, suku dan adatnya sangat berbeda-beda misalkan adat jawa yang dimana memiliki penutup kepala yang khas dan juga bali misalkan, dan tak kalah juga adat melayu juga memiliki penutup kepala yang khas, disebut dengan “TANJAK”. Pada zaman dahulu tanjak digunakan di kalanagan kerajaan tidak sembarangan orang memakai penutup kepala tersebut. dikarenakan, setiap Tanjak memiliki makna dan kesan kewibawaan dan status social yang berbeda saat memakainya, semangkin tinggi jenis tanjaknya semangkin tinggi juga kedudukannya di masyarakat bahkan di kerajaan.Misalkan Tanjak orang Kerajaan dengan rakyat biasa sangatlah berbeda. dengan demikian Tanjak bukanlah orang sembarangan yang memakainya. Sedikit menyinggung dengan asal muasal Tanjak, pada zaman kerajaan melayu dahulu, Tanjak ini di pakai oleh orang kerajaan maupun rakyat supaya kelihatan rapi pada waktu menghadap Raja, Sultan, dan pemuka-pemuka adat yang tersanjung. Tanjak juga di buat dalam bermacam-bentuk dengan nama-nama tertentu. Bermacam-macam nama Tanjak atau tengkolok menjadikan tanjak banyak modelnya.
Namun kini, Tanjak sangat popular dan diminati berbagai kalangan. jika dulu Tanjak hanya di pakai di kalangan kerajaan dan dalam acara-acara tertentu, tapi sekarang tanjak diminati mulai dari kalangan remaja hingga dewasa di Kepulauan Riau. Dengan adanya tren ini menjadikan pengrajin-pengrajin Tanjak di Tanjung Pinang berinovatif dan berkreatif membuat berbagai bentuk Tanjak dan berbagai dari bahan yang mudah di lipat, yang dimana dahulu Tanjak bentuknya keras dan tidak Mudah di lipat, tren ini Menjadikan pengrajin Tanjak berinovasi dalam memproduksi Tanjak salah satunya Tanjak Bertuah yang memiliki trending sendiri di Kepulauan Riau.
Awal mula berdirinya Tanjak betuah di Tanjung Pinang dengan adanya festival Pulau penyengat disitulah ide pengrajin Tanjak ini dimulai Pertama Tanjak betuah ini berdiri di tahun 2016. Dengan moment terebut pemilik usaha menjadikan Tanjak sebagai usahanya hingga sekarang, jika di lihat di tempat lain misalkan bali turis-turis manca Negara bangga memakai penutup khas kepala disana. Tidak menutup kemungkinan Tanjak betuah juga bisa pepuler di kepulauan riau supaya turis-turis dari manca Negara juga bangga memakai Tanjak dari kepulauan riau. pemilik usaha berkreatif menjadikan tanjak mudah di bawa dan lebih simple lagi hingga mudah di pakai. Proses pembuatan Tanjakpun tidak membutuhkan waktu lama, pemilik usaha Tanjak bertuah banyak memproduksi jenis-jenis tanjak yang sederhana.
Berbeda dengan Tanjak jenis kerajaan-kerajaan dahulu dikarenakan tanjak dulu memiliki tingkat yang sangat sulit, Dimana tanjak dahulu memiliki simbol-simbol dan makna semangkin banyak lipatan dan semangkin sulit jenis tanjaknya semangkin tinggi kedudukan sosialnya. Bahkan warna yang digunakan tidaklah sembarangan karena warna juga memiliki maksud dan makna berbeda. Tanjak bertuah ini lebih banyak memproduksi jenis tanjak urban dengan berbahan kartun sehingga tanjaknya terlihat keren dan kekinian tetapi ada juga jenis tanjak yang menggunakan bahan tertentu yaitu kain songket melayu, tetapi tidak di khawatirkan lagi tanjak betuah ini sangat diminati di kalangan remaja dan dewasa karena gaya dan jenis Tanjak yang bagus.
Penulis : Entya adista (Pemerhati budaya melayu)

Mengenal Tanjak Betuah Tanjungpinang Mengenal Tanjak Betuah Tanjungpinang Reviewed by on 12:42:00 PM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.