Cara Mahasiswa melakukan Praktek Pembuatan (Fly Trap) dan Identifikasi Lalat


Lalat merupakan serangga yang termasuk Ordo diptera , Famili yang terpenting dalam ordo diptera antara lain famili musciade, Lalat juga merupakan spesies yang berperan dalam masalah kesehatan masyarakat yaitu sebagai vektor penyakit saluran pencernaan seperti : Kholera , Typhus,Disentri dan lain-lain .
Sebelum melakukan praktek diberikan terlebih dahulu Teori dari Bapak /Dosen Jufrihadi,SKM,M.Kes di kampus poltekkes tanjungpinang , dan diberikan arahan praktek oleh bapak/dosen M.Fadhil Idris SKM , kami melakukan praktikum di Laboratorium Poltekkes Tanjungpinang , pada tanggal 27 februari 2018 dan diaksanakan waktu 15.00 Wib .  dengan Tujuan praktikum mengetahui cara identifikasi lalat, dan mengetahui jenis-jenis lalat dan ciri-cirinya.
Dan Terlebih dahulu kami Harus menyiapkan alat dan bahan untuk membuat fly trap , yang mahasiswa butuhkan yaitu : kayu/triplek, penggaris, kawat kasa, gergaji,martil/paku, benangjahit dan penggaris , mahasiwa membuat alat yang bernama fly trap di lingkungan kampus , membuat dengan penuh teliti dan semua membantu .
Prosedur awalan yaitu : siapkan alat dan bahan, membuat desain fly trap dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm , kemudian potong kayu sesuai ukuran nya , dipaku menggunakan martil , setelah pembuatan kerangka fly trap , buat lubang untuk masuknya lalat dengan kerangka kawat bentuk kerucut , dan dilapisi kawat kasa ,selanjutnya pemasangan kawat kasa pada dinding kerangka fly trap , potong triplek kecil seperti pintu kecil saja , supaya bisa mengeluarkan/mengambil Lalat.
Kemudian alat siap digunakan, prosedur keduanya yaitu cara menangkap penangkapan lalat : tentukan lokasi nya, pasang umpan dibawah lubang tempat masuknya lalat kemudian tunggu sekitar 2-3 jam , setelah itu lalat akan masuk kedalam flytrap. dan adapula Teknik identifikasi : setelah lalat tertangkap , matikan lalat dengan menggunakan baygon semprot , sesudah lalat mati masukan/pindahkan lalat ke petridish , amati lalat dengan kaca pembesar, pisahkan lalat dengan jenisnya .
Sesudah melakukan kegiatan dengan cara pembuatan flytrap dan identifikasi nya mahasiswa poltekkes kemenkes tanjungpinang , membuat laporan hasil praktikum nya sendiri dengan menuliskan format yang ditentukan, lalat yang didapatkan sebanyak 139 , lalat hijau = 98 , lalat rumah = 32,lalat daging = 2 , dan lalat kandang = 7 . dilakukan penangkapan pada tanggal 2 Maret 2018 pada hari selasa . dan dilakukan penangkapan di haji unggar (TPS) / Countainer sementara .
Penulis : Salimin

Cara Mahasiswa melakukan Praktek Pembuatan (Fly Trap) dan Identifikasi Lalat Cara Mahasiswa melakukan Praktek Pembuatan (Fly Trap) dan Identifikasi Lalat Reviewed by on 9:23:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.