Tahukah Anda: Pemandu Sorak Adalah Bidang Olahraga


Cheerleading atau bisa disebut juga sebagai pemandu sorak adalah salah satu olahraga. Cheerleading bukanlah seperti halnya yang ada di film-film yang hanya untuk keeksisan para remaja yang sekumpulan gadis-gadis dengan memakai rok mini dan pompom berdiri sejajar berteriak untuk menyemangati para pemain basket. Cheerleading yang sebenarnya memiliki penampilan dan merupakan salah satu dibidang olahraga yang cukup ekstrim, dikarenakan penampilannya berkisar 6-8 menit yang didalamnya sudah terdapat yel-yel dan penampilannya tersebut.

Penampilannya pun tidak biasa yang terdiri dari pyramid, stunt, tumbling, dance, jumps, dan motion yang beraneka ragam. Tidak hanya memerlukan kelenturan badan yang harus ada di cheerleader tetapi juga fisik yang kuat dan pikiran yang sejalan. Jika dalam suatu tim ada yang tidak memiliki pikiran yang sejalan maka tidak dapat menjalankan penampilan tersebut karena didalam cheerleader tersebut memiliki banyak teknik maka suatu tim harus kompak dan sejalan, pada cheerleading pun sama halnya seperti menari jika suatu kelompok menari sudah membuat tariannya, maka sulit jika orang yang berada dalam tarian tersebut tidak datang dan harus digantikan.

Maka dari itu olahraga cheerleading ini mengajarkan sikap disiplin, kompak satu sama lain, dan dapat berpegang dengan komitmen didalamnya karena sebagai cheerleader bukanlah menjatuhkan satu sama lain atau bermusuhan yang seperti kita lihat difilm-film tetapi sebagai cheerleader adalah selalu tetap mendukung satu sama lain. Nah selain itu, sebagai cheerleader pasti mengalami merasa lelah tetapi harus tetap menjaga ekspresi agar selalu tampak ceria dan meyakinkan pada penonton bahwa yang mereka lakukan adalah asik, terhibur, dan tidak takut akan apapun. Dan olahraga cheerleading ini pun sama halnya olahraga yang lain, karena cheerleading memiliki kompetisi juga.

Di Indonesia terdapat komunitasnya yang disebut Indonesian Cheerleading Community (ICC). Cheerleading ini tidak hanya untuk remaja, bisa juga pada anak-anak. Pada kota Tanjungpinang belum terdapatnya suatu komunitas cheerleading, seharusnya cheerleading tersebut dapat dikembangkan karena cheerleading adalah suatu olahraga juga dan dapat mengharumkan nama Indonesia jika mengikuti kompetisi-kompetisi yang diadakan tiap tahunnya.

Penulis: Natalia Kristin 

Tahukah Anda: Pemandu Sorak Adalah Bidang Olahraga Tahukah Anda: Pemandu Sorak Adalah Bidang Olahraga Reviewed by on 4:07:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.