Mengupas Klub Sepakbola Bernama Arema

Malang raya memang jauh dari Pulau Bintan. Dari sudut pandang geografis, jarak antara Malang raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu berada di provinsi Jawa Timur. sedangkan pulau Bintan, letaknya di Provinsi Kepulauan Riau, tidak kurang dari 1.815,2 km jarak keduanya. Tetapi, meskipun jaraknya lumayan jauh, yang jika ditempuh dengan menggunakan kapal laut bisa memakan waktu 62 jam, arek malang mania (aremania) dan arek malang mania wanita(aremanita), sebutan penggemar klub Arema, di pulau Bintan ini lumayan banyak. Jumlahnya penulis tidak tahu persis, tapi bisa jadi hingga ribuan orang. 

Faktanya, hampir disetiap sudut pulau Bintan, penjual mie ayam /bakso dan pecel lele asal malang, selalu menjadi tempat berkumpulnya arek malang itu, tidak jarang, mereka nonton bareng jika ada pertandingan arema di telivisi. Diwilayah Batu 9 kecamatan Tanjungpinang Timur, kegiatan aremania ini sesekali terlihat. Termasuk di wilayah kijang, Bintan Timur dan Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara, juga sesekali kelihatan, mereka bergerombol dan tentu saja, menggunakan atribut arema.

Sebenarnya tidak terlalu jelas, para arema di Bintan ini sebenarnya mendukung klub arema yang mana. Tetapi jika melihat realitas yang ada, tayangan sepakbola ditelivisi yang menampilkan klub arema, tentu hanya ada satu klub, yakni Arema FC. Ya, Arema FC yang dahulunya bernama Arema Cronus merupakan klub yang mereka dukung dan banggakan. Arema FC bertarung di Liga 1 Gojek Indonesia musim 2018.

Diakui, saat ini ada dua nama Arema yang diakui oleh federasi sepakbola tanah air, yaitu Arema FC yang berkiprah di Liga 1 dan Arema Indonesia yang berkiprah di Liga 3 atau dulunya dikenal dengan Liga Nusantara yakni Sebuah kompetisi resmi paling bawah dibawah naungan PSSI dan biasanya memang berisikan klub-klub amatiran di level internal provinsi disetiap Asprov PSSI didaerah. Setelah bertarung di internal provinsi, klub yang lolos kemudian akan bertarung antar zona, mulai dari regional hingga zona nasional. Sebanyak 68 Klub memperebutkan 12 slot masuk babak 32 besar liga 3 nasional dan sebanyak 6 klub tertinggi akan lolos ke Liga 2.

Bagi aremania, khususnya aremania yang berada di Pulau Bintan, mereka tidak mempermasalahkan ada dua arema. Hal ini bagi mereka, yang penting keduanya membawa nama baik malang raya. Siapapun yang membawa nama malang dan bahkan mengharumkan nama malang dilevel nasional, wajib didukung, toh, kedua arema tidak dalam satu kompetisi. Sudah banyak contoh klub-klub yang memiliki nama yang hampir sama karena berasal dari kota yang sama tetapi tidak ada masalah. Bahkan, ada juga yang berkompetisi di turnamen atau liga yang sama. Sebut saja, Manchester, ada City dan ada united. Dua-duanya dari manchester dan dua-duanya berlaga di liga primer inggris. dua-duanya memiliki fans yang sama banyaknya. Dan dua-duanya juga mengaku sebagai the real of manchester. Berebut simpatik untuk warga kota Manchester. dan itu wajar, selagi positif. Karena olahraga kaya akan sikap sportifitas. fairplay dan menjujung tinggi persaudaraan.

Sejatinya, kedua arema juga harusnya sama. Arema yang satu, Arema FC dan Arema Indonesia, tidak masalah. Tidak perlu digabung. Toh sama-sama arema. Tetapi sepertinya nasib keduanya berbeda untuk saat ini. Untuk Arema FC, nampaknya tidak masalah. karena Saat ini masih bercokol di Liga 1. Nama Arema FC masih disebut-sebut dilevel nasional, bahkan sponsor pun sepertinya melihat arema FC sebagai klub mapan sebagaimana pengakuan AFC (Asosiasi sepakbola Asia) dengan pemberian lisensi klub profesional di Indonesia. Sementara ini ada 10 klub, yakni:

1.  Arema FC, 
2. Persija Jakarta, 
3. Persib Bandung, 
4. Bali United, 
5. Persipura Jayapura
6. Borneo FC
7. Bhayangkara FC
8. PSM Makassar
9. Madura United
10. Barito Putera 

Nasib Arema Indonesia, di Liga 3
Liga 3 tahun 2018, sudah masuk ke grup 32 besar nasional. Lalu 8 besar dan 6 terbaik akan naik ke Liga 2. Lantas bagaimana nasip Arema Indonesia? nama klub ini tidak lolos dalam tahap selanjutnya. Arema Indonesia musim 2018 ini kandas, gagal bersaing kelevel selanjutnya dan dipastikan musim depan tetap berada di Liga 3. 

SUMATERA I
PS Deli Serdang v BYE
Solok FC v PS Bhinneka
Batang Hari FC v Batang Anai
Medan Utama FC v BYE

SUMATERA II
PS Putera Kundur v PS Petualangan
AS Abadi FC v Sake Sambaian FC
PS Bangka Selatan v Putera PB
PS Bengkulu v BYE

JAWA I
Pro Direct v Perssi Sukabumi
Persikab v Bintang Timur
Persikota v Maung Anom
Persem Mojokerto v Persikasi

JAWA II
Persekabpas v PSJS
Persibara v Berlian Rajawali
Persega v Persedikab
Persab v BYE

JAWA III
Jakarta Timur FC v Persema 1953
Deltras Sidoarjo v Lamongan FC
Persitas Tasikmalaya v PS Demak
PSKC v BYE

JAWA IV
Super Progresif v PSID Jombang
Persitangsel v Putra Sinar Giri
PSIP Pemalang v Blitar Putra
PS KOPA v BYE

KALIMANTAN
PSPU Bontang v Bontang City
Kalimantan Tengah v Persetala Tanah Laut
Kota Baru FC v BYE

SULAWESI
Persmin v Persma
Kreasindo FC v Persido
Palopo United v PS Wonua Wombana
OTP 37 FC V Persibone

BALI-NTT-NTB
Putra Tresna v PS Kupang
Persilotim v PS Ngada
MALUKU-MALUKU UTARA
Ambon United v Persiter

PAPUA-PAPUA BARAT
Persemar v Persemi Mimika
Persitoli Tolikara v Nafri FC
Persis Kota Sorong v Persewar Waropen
Persisoss Sorong Selatan v Persikos.


Mengupas Klub Sepakbola Bernama Arema Mengupas Klub Sepakbola Bernama Arema Reviewed by on 3:12:00 PM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.