Bawang Merah Cocok di Bintan

Sektor pertanian terutama pertanian hortikultura sedang menggeliat di Bintan. Hortikultura yang meliputi Buah-buahan, sayuran dan tanaman hias menjadi produk unggulan di kabupaten Bintan. Bahkan hortikultura di Bintan telah mampu memenuhi kebutuhan lokal kabupaten Bintan. Salahsatu tanaman hortikultura yang sedang digalakkan adalah bawang merah.

Tahun 2015 berkat inovasi dari LPTP (Loka pengkajian teknologi pertanian) yang saat ini menjadi BPTP (Balai pengkajian teknologi pertanian) Kepulauan Riau di kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya telah berhasil dikembangkan tanaman bawang merah seluas sekitar 2 ha. Hasilnya pun sangat memuaskan. Saat itu, tanggal 10 juni 2015, Drs. Khazalik selaku wakil Bupati Bintan pun secara simbolik melakukan panen perdana. Tepatnya di kelompok tani makaryo. Adapun Varietas bawang yang ditanam oleh petani di kelompok tersebut adalah Menthes dan Pancasona yang merupakan bantuan dari Balai Penelitian Sayuran (Balitsa) atas rekomendasi dari LPTP Kepri.
Usaha penanaman bawang merah pun terus dikembangkan petani. Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, Supriyono, SE,M.Si selaku Kadistan Bintan mendorong agar bawang merah untuk terus dikembangkan. Diantaranya di Kecamatan Sri Kuala Lobam dan Bintan Utara. Hal ini merupakan salahsatu usaha ketahanan pangan agar Bintan tidak tergantung dengan daerah suplayer Bawang merah. Terlebih, dipasaran harga bawang merah cenderung mengalami peningkatan.
Bawang Merah Cocok di Bintan Bawang Merah Cocok di Bintan Reviewed by on 11:10:00 AM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.