Bintan Pemasok Ayam Kampung ke Batam

Ayam kampung atau ayam bukan ras (buras) merupakan ayam yang dipelihara untuk dikonsumsi baik dagingnya maupun dikonsumsi telurnya. Dagingnya yang khas dan lebih enak diolah untuk aneka masakan, menjadikan ayam ini selalu diburu masyarakat. Sebut saja diolah menjadi sop ayam kampung, gulai ayam dan ingkung alias ayam kampung dibakar yang utuh. Demikian juga telurnya, pecinta minuman bandrek lebih menyukai telur ayam kampung. Termasuk masakan telur setengah matang.

Atas banyaknya permintaan akan ayam kampung, Bintan memiliki beberapa lokasi peternakan. Ibarat pepatah, ada gula ada semut. Ada permintaan. Maka akan banyak suplayer pemasok akan permintaan tersebut.
Salahsatunya adalah di kampung sei jeram ujung desa lancang kuning Bintan utara, populasi lebih dari 1000 ekor siap mensuplai kebutuhan telur dan daging ayam kampung.
Di daerah sri bintan, sekitar kampung pasiran juga ada. Namun Populasinya tidak banyak. Di daerah pantai kampung sakerah desa sebong lagoi dengan populasi 1000 ekor bisa jadi alternatif.
Selain itu, di wilayah toapaya tepatnya dibelakang hotel miami lama, arah trikora juga banyak. Di dekat kantor polsek gunung kijang, di daerah kampung karang anom ujung juga lumayan banyak. Bahkan pangsa pasar ayam kampung bintan ini memenuhi kebutuhan Batam.
Adalah pak Kiman, peternak asal desa penaga sudah beberapa tahun menekuni bidang peternakan ayam kampung. Hampir tiap minggu pasti ayamnya dikirim ke Batam. Akan tetapi, mengingat ayam adalah hewan yang bisa menularkan penyakit ke manusia, ayam yang akan dikirim ke batam harus sudah di cek kesehatan hewannya oleh dokter hewan berwenang dinas dan akan dikeluarkan surat keterangan kesehatan hewan. Agar batam juga tidak mendapat ketularan penyakit. Bahkan petugas karantina hewan akan memeriksa kelengkapan surat keterangan kesehatan hewan.

Bintan Pemasok Ayam Kampung ke Batam Bintan Pemasok Ayam Kampung ke Batam Reviewed by on 10:50:00 PM Rating: 5

No comments:

PERINGATAN: DILARANG KERAS MENGCOPY SETIAP ISI DAN KONTEN DARI BLOG INI TANPA MENCANTUMKAN SUMBER. SETIAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAPAT DIPIDANA. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. JANGAN LUPA PANTAU TERUS BLOG KABAR BINTAN NEWS!
Powered by Blogger.